Asus
Pemkab Bolsel Bakal Dapat Jatah Hibah Kapal Rakyat

Foto : Bupati didampingi sejumlah pejabat Pemkab Bolsel saat menghadiri FGD yang digelar di Jakarta, kemarin.

 

BOLSEL—Ditunjuk sebagai salah satu daerah yang bakal menerima hibah kapal  pelayaran rakyat dari pemerintah pusat. Senin (10/12) kemarin, Bupati Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) Iskandar Kamaru didampingi Kepala Bagian Hukum Kadek Wijayanto dan Kepala Dinas Perhubungan Wahyudin Kadullah mengikuti kegiatan Focus Grub Discussion (FGD) di Hotel Redtop Jakarta.

Menurut juru bicara Pemkab Bolsel, Ahmadi Modeong, kegiatan ini turur dihadiri sejumlah kabupaten/kota di Indonesia. "Kehadiran  Bupati dan Kadis Perhubungan dalam FGD ini dilakukan untuk menyamakan presepsi semua pemangku kepentingan terkait hibah kapal Rakyat dari pemerintah pusat,"ujarnya.

Dijelaskan Ahmadi, Kementrian Perhubungan dan pemerintah daerah membahas upaya untuk meningkatan pelayanan transportasi laut ke daerah-daerah yang lebih dalam dan belum terlayani angkutan kapal perintis. “Pemerintah pusat akan mengembangkan pelayaran rakyat (Pelra). Termasuk juga dengan membangun armada kapal Pelra di galangan-galangan kapal tradisional,"tuturnya.

Dijelaskan pula, pembangunan kapal pelra tersebut merupakan wujud kepedulian Pemerintah dalam meningkatkan usaha ekonomi pelayaran rakyat baik untuk galangan tradisional maupun masyarakat lokal. Selain itu, juga memberikan lapangan pekerjaan kepada pekerja lokal di sekitar galangan. “Kapal pelra yang dibangun oleh Kemenhub telah dilengkapi dengan fasilitas peralatan keselamatan yang cukup modern dan lengkap, seperti perlengkapan keselamatan jiwa, perlengkapan pencegahan kebakaran, perlengkapan navigasi, radio komunikasi seperti GPS dan AIS serta pencegahan pencemaran, serta tetap memperhatikan aspek kenyamanan penumpang,” ujarnya.

Ditambahkan Ahmadi, Kementerian Perhubungan tahun ini telah membangun 94 unit kapal Pelra. Rencananya kapal Pelra akan dihibahkan kepada pemerintah daerah di wilayah tertinggal, terluar, terpencil dan perbatasan (T3P) yang nantinya bisa difungsikan sebagai pendukung konektivitas tol laut. “Kami berharap, kapal hibah ini nanti berguna untuk masyarakat luas,"tukasnya.(*)

Berita Terkait

TInggalkan Komentar