Asus
Nayodo: Sangadi-Lurah jangan Membentuk Kerajaan Kecil

foto: Wakil Wali Kota Nayodo Koerniawan melantik Sangadi Poyowa Kecil, Lurah Kotamobagu dan Lurah Gogagoman. Tampak proses pelantikan tersebut.

 

KOTAMOBAGU – Wakil Wali Kota, Nayodo Koerniawan, meminta para sangadi (kepala desa, red) dan lurah untuk tidak membentuk kerajaan kecil di desa dan kelurahan. Hal ini diutarakannya saat memberi sambutan usai melantik Sangadi Poyowa Kecil, Lurah Kotamobagu dan Lurah Gogagoman, Senin (7/1), di Aula Kantor Wali Kota.

“Jangan membentuk kerajaan kecil di desa dan kelurahan. Apalagi kepala desa, jangan selalu berdalil bahwa kami kepala desa dipilih rakyat. Ingat, peraturan pemerintah desa sangat jelas dan kuat, tanggungjawabnya ada pada pemerintah daerah, karena di desa dan kepala pemerintahan desa harus selalu patuh karena Camat merupakan perpanjangan pemerintah daerah yang ada di wilayah masing-masing,” kata Nayodo.

Kepada sangadi dan lurah yang baru dilantik, Nayodo berpesan agar segera menemui semua elemen masyarakat yang ada di desa dan kelurahan seraya menciptakan kekompakan dan kerja tim yang baik.

“Perlu digaris bawahi dan ditekankan bahwa tidak ada yang luar biasa dalam proses pelantikan ini. Ini adalah hal yang biasa dan merupakan konsekuensi dari sebuah pekerjaan. Jangan merasa minder bagi yang diganti. Kemudian yang baru dilantik juga jangan berbesar kepala, sebab tidak menutup kemungkinan pada proses selanjutnya ada diantara kalian yang harus ikhlas menyerahkan jabatannya kepada orang lain,” ujar Nayodo.

Nayodo mengungkapkan, jabatan merupakan amanah dalam konteks kehidupan bermasyarakat. “Tidak ada yang luar biasa termasuk jabatan. Yang ada hanya pengabdian, karena dalam pemerintahan kita mendapat legitimasi dari rakyat,” ungkap Nayodo.

Sangadi Poyowa Kecil yang dilantik adalah Habel Lokiman. Dia dilantik setelah beberapa bulan sebelumnya terpilih melalui proses Pilsang antar waktu.

Sedangkan Lurah Kotamobagu yang baru adalah Veli Tandayu menggantikan pejabat sebelumnya Ivone Patricia Rundengan. Untuk Lurah Gogagoman yang dilantik adalah Hendra Manoppo menggantikan lurah sebelumnya Vanny Pudul. (*)

Berita Terkait

TInggalkan Komentar