Asus
Tambajong: Mari Kurangi Sampah dari Rumah Sendiri

foto: Nampak seluruh ASN dan THL di lingkup Bapelitbang Kota Manado usai membuat decomposer sendiri di kantor Bapelitbang.

 

MANADO—Tempat Pembuangan Sampah (TPA) yang ada di Kelurahan Sumompo yang sudah tidak lagi menampung sampah yang ada di Kota Manado, membuat Kepala Bapelitbang, Dr Liny Tambajong mengajak ASN dan THL di lingkup Bapelitbang Kota Manado membuat decomposer sendiri.

Dikatakan Tambajong, pembuatan decomposer ini dibuat oleh ASN dan THL untuk dibawa pulang dan digunakan di rumah masing-masing. “Mari kurangi sampah dari rumah sendiri. Nantinya ditanam ditanah untuk pembuangan sampah sisa-sisa makanan, sayur, buah, sisa pembersihan ikan,” terangnya.

Lanjut wanita enerjik ini, pembusukan sisa-sisa makanan diupayakan diolah dirumah masing-masing agar tidak menambah volume sampah kota yg menyebabkan bau busuk. “Ayo kita kurangi sampah kota dengan membuang di ember dekomposer, dan nantinya akan terurai dalam tanah,” kata Tambajong yang mengaku untuk belajar membuat decomposer ahlinya, Tony Kurtis Timpua dari Poltekes.(*)

Berita Terkait

TInggalkan Komentar