Asus
Gebyar Hari Patriotik, KKIG Ziarah TMP Kairagi

foto: Seluruh pengurus KKIG Sulut dan Manado usai berziarah salah satu pahlawan asal Gorontalo di Taman Makam Pahlawan Kairagi.

MANADO—Memperingati Hari Patriotik 23 Januari 1942, jajaran pengurus Keluarga besar Kerukunan Keluarga Indonesia Gorontalo (KKIG) Manado dan Sulawesi Utara (Sulut) melakukan ziarah slaah satu pahlawan asal Gorontalo di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kairagi, Rabu (23/1) kemarin.

Ketua KKIG Manado, H Amir Liputo mengaku kalau ziarah tersebut bagian dari rangkaian kegiatan Gebyar Hari Patriotik 23 Januari 1942. “Ini sebagai penghormatan kepada para pahlawan pendahulu kita,” terangnya.

Selain ke TMP Kairagi, Amir mengatakan bahwa rombongan juga melakukan ziarah ke makam para tokoh Sulut asal Gorontalo maupun pendiri Provinsi Gorontalo yang ada di Manado. “Hari Patriotik yang diperingati setiap 23 Januari merupakan hari bersejarah bagi warga Gorontalo. Dimana, Pak Nani Wartabone nemimpin perlawanan terhadap penjajah Belanda dan mengibarkan bendera merah putih,” ujar anggota DPRD Provinsi Sulut ini.

Diketahui, KKIG Manado dan Sulut di TMP Kairagi ke makam Almarhum Rauf Mo’o, Yusuf Hasiru, Kolonel Gobel, Max Pakaya, dan R Katili. Kemudian menuju ke Pekuburan Banjer dimakam Almarhumah istri Rauf Mo’o, Almarhum Djoeroe Polontalo. Pekuburan Kampung Islam, ada makam Anggota Komite 12 Almarhum Hasan Bajeber. Dan Pekuburan Islam Tuminting, Almarhum Ahmad Najamudin, serta Fauzi Nurani dan istri serta KH Hasim Arsyad.(*)

Berita Terkait

TInggalkan Komentar