Asus
Komandan Lantamal VIII Tertarik Wisata Mangrove Bolsel

Foto : Laksamana Pertama TNI Gig Jionias Mozes Sipasulta bersama rombongan saat berkunjung ke Pemkab Bolsel, kemarin.

 

BOLSEL – Dihadapan Komandan Lantamal VIII Laksamana Pertama TNI Gig Jionias Mozes Sipasulta M.Mar.Stud, Bupati Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) memperkenalkan salah satu objek wisata di daerahnya, yaitu hutan mangrove. Pernyataan itu disampaikan top eksekutif Pemkab Bolsel ini saat menerima kunjungan Jenderal Berbintang satu tersebut bersama rombongan Pamen (Perwira Menengah) Angkatan Laut. Di dalam ruang kantornya, Bupati Iskandar Kamaru juga memaparkan sejumlah kekayaan laut yang ada di totabuan selatan. Namun, yang menarik para penjaga kedaulatan laut ini adalah wisata mangrove milik Bolsel yang merupakan hutan mangrove terbaik se-Asia Tenggara karena sudah berumur ratusan tahun lebih.

Dikesempatan itu, Komandan Lantamal VIII mengusulkan kepada pemerintah agar mencanangkan konservasi mangrove, sebagaiman yang diterapkan dibeberapa daerah. “Manfaat mangrove sangat besar untuk kelestarian ekosisitem kelautan dan perikanan. Di kawasan konservasi mangrove ini tidak dibolehkan adanya aktivitas mancing. Dengan begitu potensi ikan bakal melimpah," tegas Laksamana Pertama TNI Gig Jionias Mozes Sipasulta.

Dikesempatan itu juga, Bupati Iskandar Kamaru menyampaikan, keberadaan Pos AL di Bolsel mampu menekan aksi ilegal fishing yang sering terjadi. “Wilayah perairan di Bolsel sering menjadi incaran nelayan nakal. Kami takutnya, ekosistem laut yang sejak lama ini dijaga sesuai dengan komitmen antara masyarakat dan pemerintah malah dirusak oleh orang-orang yang tak bertanggungjawab. Maka dari itu besar harapan kami, keberadaan TNI AL mampu memberantas aksi-aksi tersebut,” pungkasnya. (*)

Berita Terkait

TInggalkan Komentar