Asus
600 Unit BSPS Tinggal Menunggu SK Menteri

Kliksulut.com, MINAHASA - Hasil lobi Bupati Ir Royke Octavian Roring M.Si di Dirjen Penyediaan Perumahan, Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) RI, Kabupaten Minahasa pada Anggaran Pendapatan Belanja Nasional Perubahan tahun 2019 mendapat Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) sebanyak 600 unit.

"BSPS 600 unit ini terbagi atas 300 unit rumah pembangunan baru dan 300 unit rumah peningkatan kualitas. Dimana untuk pembangunan baru dianggarkan sebesar Rp 35 Juta per unit dan untuk peningkatan kualitas sebesar Rp 17,5 Juta. Dimana anggaran ini terbagi Rp 15 Juta untuk material dan Rp 2,5 Juta untuk tenaga," kata Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (Perkim) Kabupaten Minahasa Ir Ravany Moleong M.Si, Rabu (3/7).

Namun begitu, kata Moleong, sampai saat ini pihaknya masih menunggu SK Menteri untuk bantuan tersebut. "Hasil kunjungan pak Bupati ke Kementrian PUPR sudah mendapat kepastian akan mendapat tambahan BSPS sebanyak 600 unit pada APBN Perubahan 2019," terangnya.

Dia pun menjelaskan persyaratan untuk memperoleh BSPS ini bagi masyarakat Minahasa, yang membutuhkan bantuan ini.
"Syarat untuk mengajukan BSPS ini yakni warga yang berpenghasilan rendah atau paling banyak sesuai UMP yang dibuktikan dari pemerintah desa, kemudian belum mempunyai rumah atau kalau sudah punya tapi tidak layak huni, memiliki tanah yang dapat dibuktikan dengan surat kepemilikan dan keterangan dari pemerintah. Siap berpartisipasi/berswadaya tenaga dan dana tambahan untuk pembangunan rumah, dan yang terakhir belum pernaha mendapat bantuan," ujarnya.

Namun demikian kata dia, untuk bantuan ini akan memprioritaskan usulan tahun lalu, yang prioritas yang sudah memasukkam proposal terlebih dahulu. "Yang sudah pernah mengusulkan tahun lalu dan belum dapat, tentu akan diprioritaskan. Kami juga akan menyesuaikan dangan Basis Data Terpadu Dinas Sosial, dimana tingkat kelayakan juga menjadi perhatian khusus," tambah Moleong.

Sementara, untuk tahun lalu, Kabupaten Minahasa mendapat BSPS sebanyak 911 unit, dan pada APBN 2019 mendapat 300 unit. (Nix)

Berita Terkait

TInggalkan Komentar