Asus
Hampir Dua Pekan Warga Perumahan Tomohon Griya Permai Krisis Air Bersih
Dirut PDAM : Terjadi Kerusakan Pompa, dan Sementara di Perbaiki

KLIKSULUT.COM, TOMOHON - Warga Perumahan Tomohon Griya Permai, kelurahan Kayawu, kecamatan Tomohon Utara hingga kini terjadi krisis air bersih. Pasalnya, sudah hampir dua pekan, Perusahahaan Daerah Air Minum (PDAM) kota Tomohon tidak mengalirkan air bersih di Perumahan tersebut, sehingga warga disana ’menjerit’.

 
Kristian Tangkere, salah satu warga Perumahan Tomohon Griya Permai mengungkapkan, sudah hampir dua pekan PDAM tidak menyalurkan air bersih, sehingga mereka menjadi kesulitan untuk beraktifitas.
 
"Jangankan untuk dipakai mandi, sedangkan untuk memasak dan air minum tidak ada," kata Tangkere kepada Harian Posko Manado, Minggu (8/9) kemarin.
 
Diungkapkannya, untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga, pihaknya harus relah mengeluarkan ratusan ribu setiap kali membeli air bersih. Bukan cuma itu, kata dia, selain mengeluarkan uang yang cukup besar, setiap kali waktunya tersita hanya karena mengambil air dibelinya dengan menggunakan kendaraan pribadi.
 
"Kalau tidak membeli air, mungkin kita tidak akan memasak dan menyelesaikan pekerjaan rumah," tuturnya.
 
Sedangkan air bersih dari PDAM, lanjut Tangkere, sudah tidak jalan hampir dua pekan lamanya. "Informasi dari petugas PDAM, pompanya rusak sehingga butuh perbaikan," ungkapnya.
 
Hal yang sama diungkapkan ibu rumah tangga Femi, tetangga Tangkere, yang merupakan warga Perumahan Tomohon Griya Permai. Menurut Femi, tidak adanya air bersih sangat mengganggu aktifitas mereka sebagai ibu rumah tangga. "Bagaimana mau kita mau masak, sedangkan air tidak ada. Belum lagi kebutuhan cuci baju dan dan lain-lain," sebutnya.
 
Untuk itu, dia bersama warga perumahan berharap pihak PDAM secepatnya menyalurkan air bersih di tempat mereka. "Jika ini masih terus berlanjut, kami menjadi sangat siksa karena kehabisan air. Padahal Tomohon gudangnya air," tukasnya.
 
Sementara itu, Dirut PDAM kota Tomohon, Marthen Gosal, ketika dihubungi Harian Posko Manado, Minggu (8/9) malam kemarin, membenarkan bahwa di perumahan tersebut belum bisa dialirkan air bersih karena terjadi kerusakan mesin pompa.
 
"Iya, memang dimusim kemarau ini debit air menurun. Sumber air pun di Pinawelaan yang melayani Kayawu, juga untuk Wailan dan sebagian Kakaskasen harus dibagi. Belum lagi mesin pompa disana jugag saat ini rusak dan msh dalam perbaikan," ungkapnya.
 
Dikatakan Gosal, kalau dalam keadaan normal seriap hari airnya ada. "Tapi saat ini satu hari ada satu hari mati, ini juga harus diatur karena sumber mata air satu jam pompa abis. Jasi harus di tunggu lagi 1-2 jam baru pompa lagi. Tapi memang saat ini pompa dalam perbaikan," sebutnya.
 
Namun begitu, Gosal menghimbau agar konsumen memanfaatkan air seperlunya. "Matikan kran air jika sudah selesai digunakan. infokan ke PDAM kalu menjupai kebocoran," imbaunya.
 
Lebih lanjut kata dia, jika air tidak jalan secepatnya konsumen minta pelayanan dengan tangki air kepada PDAM. "Jika ada pengeluhan dari konsumen, bisa tlp di nomor HP 0821 9217 8017. Atau nomor kantor (0431) 352120. Atau instal aplikasi Informasi Pelanggan PDAM Tomohon," pungkasnya. (*)

Berita Terkait

TInggalkan Komentar