Asus
Warga Desa Teep Kecamatan Amurang Barat mulai menikmati Dana Desa (Dandes)

 

KLIKSULUT, AMURANG-- MANADO Warga Desa Teep Kecamatan Amurang Barat mulai menikmati Dana Desa (Dandes) Terealisasinya proyek Dandessebagai upaya meningkatkan ekonomi untuk kesejahteraan masyarakat. 

Penjabat Hukum Tua Desa Teep Grace Ivana Sangian, MM mengatakan pemanfaatan dandes sebagian besar terserap untuk pembangunan sarana dan prasarana serta peningkatan kapasitas perangkat.

"Dandes dan ADD 2019 merupakan lanjutan tahun sebelumnya dilaksanakan sesuai aturan dan mengacu pada Peraturan Menteri  Dalam Negeri (Permendagri) nomor 20 tahun 2018 tentang pengelolaan keuangan desa," ujarnya.

Selain itu yang tidak kalah penting harus sesuai aspirasi atau usulan masyarakat  melalui musyawarah desa.

Selanjutnya, ditetapkan dalam Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDes) dan disahkan melalui Peraturan Desa Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (Perdes APBDes). Pemanfaatan dandesa lebih terarah karena melibatkan masyarakat sebagai pengerja, bahkan pun penggunaan anggaran yang dipakai selalu diawasi unsur Tripaka (Camat, Kapolsek, Danramil). Selain itu dipantau dan diperiksa Inspektorat dan mendapat bimbingan Dinas PMD.

"Kedepan Desa Teep  mempersiapkan pembangunan lokasi wisata yang sudah masuk tahap musyawarah," ujarnya.

Menurut Ketua BPD Desa Teep Maksi Katihokang didampingi  sekretaris Arfie Pondaagmenambahkan, penggunaan anggaran Dandes dan ADD dilakukan secara  transparan. Sebagai BPD tetap melaksanakan pengawasan.

"Sejauh ini pelamanfaatan Dandes ADD dan pelaksanaan pekerjaan dilakukan sesuai ketentuan dan petunjuk teknis. Dan selama dilakukan sesuai aturan pasti berjalan lancar dan sukses," ujarnya.

Demikian juga Maike Osal warga Teep mengapresiasi kinerja pemerintah desa dan BPD yang terus bersinergi dengan mesayarakat, dalam hal pemanfaatan anggaran dan pembangunan di Desa Teep. " Kami bersyukur pemerintah desa selalu melibatkan masyarakat dalam membangun desa Teep yang kami cintai ini,’ tandasnya.(*)

 

 

 

 

 

Berita Terkait

TInggalkan Komentar