Asus
2020, 50 Desa Pilsang Serentak

Foto: Fadly Usup

 

KLIKSULUT,BOLMUT - Dalam rangka mensukseskan Pemilihan Sangadi (Pilsang) serentak ditahun 2020 di Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) ini menjadi harapan Kepala Dinas Keberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Bolmut Fadly Usup, yang pertama berpesan agar menjadikan pilsang sebagai momentum pesta demokrasi.

“Jangan jadikan pilsang untuk membentuk kubu ego calon masing-masing pendukung, yang tidak menerima keunggulan lawan,”katanya saat diwawancarai Rabu (13/11) kemarin.

Dikatakannya, nantinya  calon sangadi selaku peserta pilsang, untuk bertanggung jawab terhadap pendukung masing-masing, serta dapat mengajak masyarakat untuk melaksakan pilsang yang berkualitas, aman dan damai yang dibantu langsung anggota  linmas ataupun pengamanan yang ada didesa tersebut.

Lanjutnya lagi, berdasarkan Permendagri 112 tahun 2014 pasal 21, peserta Pilkades harus terdaftar sebagai penduduk dan bertempat tinggal di desa setempat paling kurang satu tahun sebelum pendaftaran. Sesuai keputusan MK, warga yang mencalonkan diri tidak dibatasi lagi berdasarkan domisili minimal satu tahun, bahkan dari luar desa bisa mencalonkan diri.

"Perdanya sudah diketuk. Jadi silahkan dari daerah lain yang mau ikut pilkades di Bolmut boleh saja,” tutupnya.

Terinformasi, dari 50 desa yang akan melakukan pemilihan serentak usai pelaksanaan pemilihan gubernur (Pilgub), termasuk yang ada di enam kecamatan.Selain itu beberapa nama-nama calon sudah mulai nampak untuk maju bertarung memimpin desa jadi lebih maju. (*)

 

Berita Terkait

TInggalkan Komentar