Asus
Dekab Back-up Ekselutif Kembangkan Wisata Desa

 

 KLIKSULUT,  BOLSEL -- Didampingi Dinas Pariwisata setempat, DPRD Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) mengunjungi Kementrian Desa (Kemendes) Rabu (13/11) kemarin.  Dalam kunjungan tersebut,  anggota Dekab bersama Dinas Paruwisata Bolsel melakukan koordinasi terkait pengembangan desa wisata di daerah yang berada di ujung selatan Sulawesi Utara tersebut.  Rombongan Pemkab dan Dekab Bolsel diterima oleh Direktorat Pengembangan Sumber Daya dan Lingkungan Hidup Kepala Sub Direktorat Pariwisata Kementrian Desa, Enny Indarti.

 

Dalam pertemuan ini Ibu Enny menyambut baik upaya Pemkab yang antusias mengembangkan Desa Wisata, pihaknya meminta Pemkab menyiapkan data dan potensi desa yang siap untuk dikembangkan menjadi Desa Wisata tentunya pihaknya punya penilaian terhadap Desa-desa yang punya potensi. “Terima kasih semua, Pemkab Bolsel dan Anggota DPRD yang antusias mengembangkan potensi Desa Wisata, kami siap untuk membantu apalagi jika Desa tersebut punya potensi, kami mohon dibantu agar data-data itu bisa masuk. “ ujarnya

Ketua DPRD Bapak Arifin Olii  Selaku Ketua Rombongan menyampaikan harapannya kepada pihak Kemendes untuk bisa membantu pengembangan Desa Wisata di Bolsel. Pihaknya juga mendorong penetapan Desa Wisata ini melalui regulasi nanti di DPRD sehingga memiliki kekuatan hukum.  “Harapannya kami ingin adanya Desa Wisata di Bolsel, sehingga itu memohon bimbingan dari kemendes untuk mewujudkan Desa Wisata, kami juga akan menindaklanjuti dengan regulasi untuk penguatan Desa Wisata,”pungkasnya.

Sementara itu Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Wahyudin Kadullah menambahkan pihaknya akan segera menindaklanjuti hasil pertemuan ini bersama Dinas PMD sehingga prosesnya bisa lebih cepat, tentunya dengan mempertimbangkan kesiapan dari Desa yang akan diusulkan nanti. “Alhamdulillah pihak kemendes merespon dengan baik, ini akan kami tindaklanjuti bersama dinas terkait, intinya harus cepat tanggap (pembentukan desa wisata.red) “pungkasnya.

Dalam pertemuan ini, turut hadir Anggota Komisi III DPRD Kab Bolsel Sunardi Kadullah, Sumitro Moha, Nelly Kasiaradja, Abd Razak Bunsal dan Jelfy Jauhari, serta Hartina Badu, dan Mohammad Paputungan. (*)

Berita Terkait

TInggalkan Komentar