Asus
Seminar Seni Budaya Bolaang Mongondow, Nayodo Ajak Masyarakat Lestarikan Budaya Bolaang Mongondow

WARISAN LELUHUR: Wakil Wali Kota, Nayodo Koerniawan, memberi sambutan saat membukan kegiatan seminar seni budaya Bolaang Mongondow yang dilaksanakan Disparbud di Lembah Bening.

 

KLIKSULUT, KOTAMOBAGU Wakil Wali Kota, Nayodo Koerniawan, mengajak semua elemen masyarakat untuk terus melestarikan budaya. Ajakan ini disampaikan Nayodo saat membuka kegiatan semina budaya dengan tema “revitaslisasi dan reaktualisasi budaya Bolaang Mongondow dalam rangka pelestarian nilai-nilai kearifan lokal”,  yang dilaksanakan di Lembah Bening, Jumat (13/12/2019).

Menurutnya, pelestarian adat, seni dan budaya tak hanya menjadi tanggung jawab pemerintah daerah saja, namun perlu ada keterlibatan dan dukungan dari semua pihak, mulai dari seniman, budayawan dan masyarakat pada umumnya. “Pelestarian seni budaya merupakan wujud dan bentuk penghargaan terhadap kecintaan warisan leluhur,” kata Nayodo.

Selain melestarikan seni budaya, Nayodo juga mengajak masyarakat terutama pada generasi muda untuk kembali menggali seni dan budaya Bolaang Mongondow yang secara perlahan mulai ditinggalkan. “Ini penting untuk kita semua, karena merupakan warisan yang sangat berharga bagi generasi kita saat ini dan yang akan datang,” ujar Nayodo.

Pada kesempatan itu, Nayodo juga meminta Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) untuk menginventarisir kembali seni dan budaya Bolaang Mongondow yang masih ada dan tetap eksis, serta yang sudah mulai ditinggalkan. “Ini perlu dilakukan dan harus jadi perhatian dinas terkait. Dengan demikian kita bisa perkenalkan kembali sebagai bagian dari upaya kita semua dalam melestarikan berbagai seni dan budaya yang ada di daerah ini,” tambah Nayodo.(*)

 

Berita Lainnya

TInggalkan Komentar