Asus
 Berpotensi Banjir dan Tanah Longsor, Polda Sulut Siagakan Tim SAR

KLIKSULUT, Manado – Memasuki musim penghujan yang berpotensi menimbulkan terjadinya bencana alam seperti banjir dan tanah longsor, Polda Sulawesi Utara (Sulut) telah menyiagakan Tim SAR untuk membantu masyarakat.

Hal tersebut dikatakan oleh Kapolda Sulut, Irjen Pol Dr. R. Sigid Tri Hardjanto, S.H., M.Si., melalui Kabid Humas, Kombes Pol Jules Abraham Abast, S.I.K.

“Bilamana terjadi bencana, seperti banjir dan tanah longsor Polda Sulut sudah menyiapkan siaga bencana. Masyarakat bisa secepatnya menghubungi Polda Sulut dan jajaran, dan secepat mungkin akan ditindaklanjuti,” ujar Kabid Humas, Jum’at (03/01/2020) siang, di Mapolda.

Tim SAR tersebut, lanjutnya, ada di Direktorat Samapta, Direktorat Polairud dan Satbrimob. Diawaki oleh para personel yang telah dilatih secara khusus, dan dilengkapi berbagai macam peralatan, di antaranya perahu karet, gergaji mesin serta alat evakuasi maupun penyelamatan lainnya.

Selain Tim SAR, personel di wilayah mulai dari Polres hingga Polsek termasuk personel Bhabinkamtibmas juga disiagakan untuk memonitor terjadinya bencana alam.

“Kapolda Sulut sendiri telah menginstruksikan kepada seluruh jajaran untuk bersiap menghadapi perubahan cuaca, musim penghujan, yang diberbagai daerah di Indonesia khususnya sudah terjadi bencana, seperti banjir dan tanah longsor,” terang Kabid Humas.

Tak hanya itu, Kapolda Sulut juga menginstruksikan seluruh jajaran untuk mendata, mendatangi dan memberikan bantuan pelayanan secepatnya pada masyarakat yang membutuhkan, terutama yang dilanda bencana alam.

“Pada intinya, kami selalu siap terjun ke lokasi-lokasi bencana, termasuk mendirikan Posko-posko bantuan, yang tentunya kami juga akan mendata berapa korban, baik itu material maupun korban jiwa, sehingga cepat tertanggulangi,” tegas Kabid Humas.(*)

Berita Terkait

TInggalkan Komentar