Asus
Inspektorat Audit ADD dan Dandes 2017

Kepala Inspektorat Bolmong, Rio Lombone

 

BOLMONG-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow (Bolmong), melalui Inspektorat Daerah mulai melakukan audit tahap dua atas pemanfaatan Alokasi Dana Desa (ADD) dan Dana Desa (Dandes) tahun 2017, Kamis (8/1/2018). Menurut Kepala Inspektorat Bolmong, Rio Lombone pihaknya juga akan mengaudit terkait tugas pokok dan fungsi (tupoksi) pengelolaan administrasi keuangan para perangkat desa, di 200 Desa se Bolmong. “Mulai hari ini (kemarin), tim auditor inspektorat sudah turun untuk melakukan pemeriksaan terhadap pemanfaatan Dandes dan ADD 2017. Selain itu, ada juga tata kelolah administrasi dari jajaran pemerintah desa yang akan diperiksa,” kata Rio. Dengan adanya berbagai laporan warga di sejumlah desa kata Rio, akan menjadi perhatian Inspektorat. Bahkan, pihaknya akan melakukan Pemeriksaan Khusus (Pemsus). Guna mengetahui dengan pasti apakah ada penyalagunaan ADD maupun Dandes. “Ini adalah langkah antisipasi, agar Pemerintah Desa dapat memanfaatkan serta mempertanggungjawabkan pengelolaan ADD dan Dandes,” ujarnya.

Lebih lanjut, pejabat transferan dari Kotamobagu ini menyebutkan, jika ditemukan adanya kejanggalan penggunaan ADD dan Dandes, misalnya proyek atau pengadaan fiktif, pihak Inspektorat akan melaporkan ke Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI. “Kita akan rekomendasikan ke BPK jika ada penyalagunaan. Yang pasti Pengguna Anggaran (PA) harus bertanggung jawab baik secara administrasi atau pun Tuntutan Ganti Rugi (TGR). Jika tidak mampu bertanggung jawab dengan batas waktu selama 60 hari setelah LHP keluar, maka akan berusan dengan APH (aparat penegak hukum),” tegasnya.

Di sisi lain, dirinya menyebutkan, untuk pemeriksaan tahap kedua ini, Inspektorat menurunkan 19 orang tim auditor yang telah mengantongi sertifikat Aparat Pengawasan Internal Pemerintah (APIP). Selain itu, mereka akan dibagi menjadi 4 tim dan turun selama 30 hari terhitung sejak kemarin, di 15 Kecamatan. “Kita akan memaksimalkan SDM dan waktu yang ada. Kita harapkan pada saat pemeriksaan nanti, Pemerintah Desa dapat bekerja sama dengan baik,” tandasnya.(tim)

Berita Terkait

TInggalkan Komentar