Asus
Boltim Tanpa Calon Perseorangan
Suasana pleno penutupan tahapan penerimaan dokumen syarat pencalonan perseorangan di KPU Boltim.
 
 
KLIKSULUT, BOLTIM- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Boltim, resmi menutup tahapan penerimaan dokumen dukungan syarat pencalonan perseorangan untuk Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati (Pilbup) tahun 2020, di Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim).
 
Sesuai tahapan, KPU Boltim memberikan waktu selama lima hari terhitung dari tanggal 19 hingga 23 Februari 2020. Namun hingga hari Minggu tanggal 23 kemarin, tidak ada yang mendaftar.
 
Dengan begitu, KPU Boltim yang dipimpin langsung oleh ketua KPU Boltim Jamal Rahman bersama empat anggota Komisioner KPU dan Sekretaris KPU Boltim, dengan resmi menggelar pleno penutupan tahapan penerimaan dokumen dukungan syarat pencalonan perseorangan.
 
Jamal Rahman Iroth mengatakan, Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati (Pilbup) di Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) tanpa calon dari jalur perseorangan.
 
"Sejak dibuka dari tanggal 19 kemarin, sampai hari ini Minggu 23 Februari, pukul 24.00 WITA, tidak ada calon dari jalur perseorangan," kata Jamal.
 
Menurutnya, KPU Boltim sebelum sampai pada tahapan penutupan telah menjalankan tahapan dari sosialisasi, rakor, bimtek hingga pengenalan Silon ke Liasion Officer (LO) dan operator bakal pasangan calon yang menyerahkan mandat. Namun kata dia, hingga ditutupnya tahapan penerimaan dokumen dukungan syarat pencalonan perseorangan tidak ada yang menyerahkan dokumen dukungan ke KPU Boltim.
 
"Kami juga sudah memeriksa aplikasi Silon untuk memastikan kalau ada yang mengirim dan mengaploud dokumen dukungan melalui aplikasi silon, dan setelah diperiksa ternyata nihil," ujarnya.
 
Sementara itu, Komisioner Divisi Teknis Abdul Kader Bachmid mengatakan, tahapan penerimaan dokumen dukungan, sebenarnya tahapan yang ditunggu-tunggu masyarakat Boltim, dan KPU Boltim telah menunggu hingga waktu yang ditentukan namun tidak ada pasangan bakal calon yang datang menyerahkan dokumen dukungan.
 
"Dengan demikian tahapan jalur perseorangan ini kami tutup secara resmi dan dianggap bahwa untuk pencalonan melalui jalur perseorangan untuk Boltim dinyatakan nihil," kata Kader.
 
Menurutnya, pasangan bakal calon Robi Mamonto dan Rita Lamusu yang menyerahkan mandat ke KPU Boltim pada tanggal 12 Desember 2019 lalu, dan Mandat LO di atas nama Ismail Biahimo dan Amsar Korompot, serta Operator aplikasi Silon Randa Alkarni Mamonto.
 
"Setelah menyerahkan mandat kami menyerahkan password dan username aplikasi Sistem Informasi Pencalonan (Silon) ke operator bakal pasangan calon, namun setelah di cek data aplikasi silon secara online tidak ada data yang masuk ke aplikasi Silon," jelasnya.(*)
 
 
 
 
 
 

Berita Lainnya

TInggalkan Komentar