Asus
Wabup Bolmong Hadiri Rakor Lintas Sektor Pemaparan RDTR

KLIKSULUT, BOLMONG - WAKIL Bupati (Wabup) Bolaang Mongondow (Bolmong), Yanny Ronny Tuuk menghadiri rapat koordinasi (rakor) pembahasan rancangan peraturan daerah (Ranperda) Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) bagian wilayah perencanaan (BWP) yang diselenggarakan Direktorat Jenderal (Dirjen) Tata Ruang, Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional, di Jakarta, Senin (2/3) kemarin. Pada kesempatan tersebut, Wabup yang turut didampingi sejumlah pejabat Pemkab Bolmong itu memaparkan terkait RDTR Perkotaan Lolak.

Pada kesempatan tersebut,  Wabup menyampaikan sejumlah potensi yang dimiliki perkotaan Lolak. Antara lain, memiliki fungsi sebagai pusat pemerintahan dan perekonomian. Pembangunan bandara Raja Loloda Mokoagow. Terdapat pelabuhan laut Labuan Uki sebagai salah satu pintu masuk dan keluar barang dan penumpang. Dilewati jalan trans Sulawesi yang menghubungkan Gorontalo dan Manado. Terdapat kawasan LP2B seluas 683,50 Ha (16,82 persen dari luas perkotaan LolaK

“Tujuan penataan BWP adalah mewujudkan ruang wilayah perkotaan Lolak sebagai kawasan pemerintahan, pendidikan, industri, perdagangan dan jasa skala regional yang terintegrasi dengan pengembangan bandara dan pelabuhan serta mendukung pembangunan berwawasan lingkungan,” papar Wabup.

Pada kesempatan tersebut, Wabup juga menyampaikan terimakasih kepada Kementrian ATR/BPN yang telah memilih Kabupaten Bolmong sebagai salah satu daerah diantara 57 Kabupaten/ Kota se Indonesia yang memperoleh bantuan teknik online single submition(OSS) RDTR-PZ Perkotaan Lolak.

Sementara itu, rakor yang dipimpin Direktur Jenderal Tata Ruang, Abdul Kamarzuki juga membahas RDTR BWP kelurahan Kuala Kurun dan Keluarahan Tumpang Tambang Anjir Kabupaten Gunung Mas, RDTR Perkotaan Bungku kabupaten Morowali, RDTR BWP Industri Sungai Ringin kabupaten Sintang, dan RDTR Kota Semarang.(*)

Berita Lainnya

TInggalkan Komentar