Asus

Pemerintah Bupati Yasti Soepredjo Mokoagow meninjau langsung kondisi desa yang terdampak banjir dan longsor.

 

 

KLIKSULUT, BOLMONG – Sebanyak 9 unit rumah milik warga Desa Domisil, Kecamatan Sang Tombolang, hilang tersapu banjir bandang, Rabu (4/3) pukul 02.00 Wita dini hari. Selain itu puluhan rumah lainnya juga mengalami rusak ringan hingga rusak berat. Bupati Bolaang Mongondow (Bolmong) , Yasti Soepredjo Mokoagow usai meninjau dampak banjir bandang menyampaikan bahwa Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolmong akan membantu korban yang terdampak banjir.

“Kita berikan bantuan makanan hingga obat obatan. Selain itu untuk rumah warga yang hancur atau hilang akibat banjir akan dibangun Pemerintah,” ucap Yasti. Saat ini sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) sudah berada di lokasi banjir, salah satu OPD nampak langsung memberikan pelayanan kesehatan dengan pengobatan gratis bagi warga yang terluka akibat banjir.

Sementara itu Camat Sang Tombolang, Esly Manabung menyampaikan banjir dan longsor terjadi di 8 Desa di Kecamatan Sang Tombolang “Sebenarnya dari Senin lalu sejumlah Desa sudah banjir, diantaranya Bolangat Timur, Bolangat, Lolanan, Pasir Putih, Batu Merah, Domisil, Pangi Induk dan Pangi Timur,” kata Esly.

Namun dari sejumlah Desa tersebut terparah hanya dua Desa. “Hujan dari Senin sampai Rabu dini hari, dan yang paling parah itu Desa Domisil dan Pangi Timur. Untuk Pangi Timur kondisinya sama dengan Domisil tapi belum ada akses kesana karena jalan menuju terjadi longsor,” ungkap Esly.

Di sisi lain, dia menyebutkan, para korban saat ini juga membutuhkan pakaian layak pakai. “Warga di dua Desa Domisil dan Pangi Timur ditambah dengan Pangi Induk saat ini membutuhkan pakaian bersih layak pakai,” sebutnya.

Sejumlah kepala keluarga kehilangan semua harta benda. Nyaris tak satupun yang bisa diselamatkan. “Kalaupun ada yang tersisa tinggal beberapa saja dan itupun sudah bercampur dengan lumpur. Untuk bantuan lain berupa kebutuhan makanan dan obat-obatan dari Pemda dan relawan terus mengalir. Untuk posko bantuan di pusatkan di Posko BPBD Bolmong yang ada di lapangan Desa Domisil,” pungkas Esly.(*)

 

Berita Lainnya

TInggalkan Komentar