Asus
Waspada Corona, Sejumlah Agenda  Pemkab Ditunda

Arvan Ohy

 

KLIKSULUT, BOLSEL - Bupati Bolmong Selatan (Bolsel) Hi. Iskandar Kamaru,  melalui Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Marzansius A. Ohy, S.STP. Secara resmi memberitahukan maklumat pencegahan  Covid -19 atau dikenal Virus Corona kepada Pemerintah Daerah dan seluruh elemen masyarakat yang berada di Kabupaten Bolsel.

Diantaranya Dinas Kesehatan (Dinkes) mengadakan penyemprotan disinfectant di tempat - tempat umum bersama team kabupaten yang dibetuk oleh Pemerintah Daerah dalam pencegahan  Covid - 19. “Untuk Dinkes mengaktifkan Mobil 119 dan  menyiagakan Tim Kesehatan mulai dari RSUD, PKM dan Pustu - Pustu di wiliayah masing - masing. Untuk kekurangan perlengkapan kesehatan pencegahan covid - 19 di RSUD bolsel agar segera melengkapi fasilitas - fasilitas tersebut," bunyi maklumat Bupati yang disampaikan Arvan, (16/3) kemarin di ruang Bappelitbangda, kompleks Panango.

Lanjutnya, pelaksanaan rapat Pemerintah Daerah, Dinas Kesehatan memfasilitasi alat scanner suhu tubuh untuk pencegahan dampak Covid - 19.

“Terkait dengan himbauan dalam bentuk spanduk pencegahan Covid - 19 akan dipasang di area- area publik di seluruh wilayah Bolsel. Untuk Kegiatan Program Ibadah Subuh berjamah Pemerintah Daerah tetap dilaksanakan sebagaimana biasa," bebernya.

Katanya, kegiatan rutinitas pemerintahan baik apel pagi dan apel Sore dilaksanakan di kantor dinas masing - masing dan menggunakan absen manual yang tembusan disampaikan ke BKPSDM.

“Pelaksanaan Apel Korpri bagi ASN untuk besok (hari ini) ditiadakan, tapi tetap menggunakan pakaian Korpi. Dan Festival Teluk Tomini 2020, dan MTQ Tingkat Kabupaten di tunda, seleksi Paskibraka Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan Tingakat Provinsi, serta kunjungan Ibu Gubernur Provinsi Sulawesi Utara ke Kabupaten Bolsel yang diagendakan tanggal 27 maret 2020, ditunda," sebutnya.

Selain itu, bebernya Bimtek dan Diklat yang akan dilaksanakan Pemda ditunda sampai dua pekan kedepan termasuk perjalanan dinas ASN, Pimpinan dan anggota DPRD keluar daerah dan luar provinsi. “Bagi ASN yang terlanjur melaksanakan perjalanan dinas dari luar daerah maupun luar provinsi minggu sebelumnya untuk melakukan pemeriksaan secara mandiri," pesannya.

Disisi lain, sambung dia camat dan Kepala desa serta jajaran melaksanakan kerja bakti membersihkan lingkungan, serta mengajak masyarakat untuk memeriksakan diri ke RSUD, PKM  dan Pustu - Pustu apabila ditemukan ada gejala - gejala Covid-19.

“Camat - camat menunda kegiatan kemasyarakatan kecuali yang sudah diagendakan ataupun hajatan duka selama dua pekan kedepan. Oleh karena itu, Camat menghimabu kepada seluruh masyarakat untuk tidak panik dalam menyikapi perkembangan Covid - 19 dan untuk kegiatan acara kemasyarakatan baik hajatan pesta siang maupun malam hari harus dibatasi," terangnya.

Lebih jauh dia menjelaskan, bagi Dinas Pendidikan menyediakan handsanitizer dan masker di sekolah - sekolah, bagi Dinas pariwisata menunda kunjugan turis baik domestik maupun mancanegara untuk melakukan aktifitas wisata.

“Untuk Dinas Perhubungan berkoordinasi dengan Dinas pariwisata dan Kesbangpol terkait kunjungan turis domestik dan mancanegara yang kadang tanpa pemberitahuan ke pemerintah daerah dengan cara melayangkan surat resmi ke penginapan - penginapan yang ada di wilayah Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan agar list tamu yang menginap dilaporkan ke Pemerintah Daerah untuk pencegahan dini Covid - 19," tandasnya. (*)

Berita Lainnya

TInggalkan Komentar