Asus
Peduli Komunitas, KSP Sahabat Mitra Sejati dan Bank Sampoerna Bersinergi dengan Dinas Koperasi dan Kepolisian Berbagi Sembako
KLIKSULUT, Manado - KSP Sahabat Mitra Sejati dan mitra strategis, Bank Sahabat Sampoerna (Bank Sampoerna) bersinergi bersama Dinas Koperasi dan Kepolisian setempat untuk melakukan aksi kepedulian di tengah situasi pandemi Covid-19 yang masih mewabah hingga saat ini. 
 
Aksi kepedulian tersebut berupa pembagian masing-masing 250 paket sembako di 20 kota/kabupaten. Gerakan yang dinamakan Peduli Komunitas ini dilakukan secara bertahap. Tahap pertama dilakukan pada tanggal 14-18 Mei 2020 dengan total bantuan mencapai 5.000 paket sembako. Tahap ke-2 akan dilaksanakan pada pertengahan Juni 2020 dengan membagikan tambahan 5.000 paket sembako. 
 
Ketua I KSP Sahabat  Mitra Sejati, Ceppy Y. Mulyana menyampaikan bahwa gerakan ini merupakan inisiatif atas keprihatinan terkait kondisi merebaknya wabah Covid-19 di seluruh Indonesia. Penerima manfaat bantuan diutamakan kepada masyarakat yang secara finansial terdampak pandemi, seperti pekerja harian lepas dan masyarakat prasejahtera yang terdampak Covid-19 di lingkungan kantor KSP Sahabat Mitra Sejati .  
 
“Penyaluran bantuan kami lakukan berupa pemberian sedikitnya 10.000 paket sembako di 20 kota/kabupaten berbeda dan dilakukan dalam 2 tahap. Kami bekerja sama dengan anggota kami dalam pengadaan paket sembako di masing-masing wilayah sehingga pelaku UMKM juga diberdayakan dan lebih banyak pihak yang mendapatkan manfaat. Paket sembako ini  kami bersinergi dengan Dinas Koperasi dan Kepolisian untuk menyalurkan kepada penerima manfaat”, ujar Ceppy  
 
Lebih lanjut Ceppy menjelaskan bahwa ke 20 kota/kabupaten tersebut antara lain 4 kota di Sumatera, 8 kota di Jawa dan Bali, 6 kota di Sulawesi, serta masing-masing 1 kota di Kalimantan dan Papua.  
 
Sebagai informasi bahwa saat ini KSP Sahabat Mitra Sejati memiliki hampir 100 jaringan kantor cabang yang tersebar di 28 provinsi di Indonesia. Sepanjang 3 bulan pertama tahun 2020, KSP Sahabat Mitra Sejati telah menyalurkan pinjaman sekitar Rp1 triliun. Jumlah ini meningkat lebih dari 10% jika dibandingkan dengan jumlah yang disalurkan pada periode yang sama tahun sebelumnya. Dalam periode yang sama KSP Sahabat Mitra Sejati juga mencatatkan perkembangan laba bersih yang baik. Sepanjang periode 3 bulan ini, KSP Sahabat Mitra Sejati mencatatkan laba bersih senilai Rp1,2 miliar, meningkat jika dibandingkan dengan laba sepanjang tahun 2019 yang berjumlah Rp1,0 miliar. 
 
KSP Sahabat Mitra Sejati adalah mitra strategis dari Bank Sahabat Sampoerna. Bank yang dimiliki oleh grup Sampoerna Strategic dan Alfa ini memilih fokus untuk melayani UMKM. Sebagai mitra strategis, selain memiliki kerja sama operasional, Bank Sampoerna juga memberikan dukungan likuiditas bagi KSP Sahabat Mitra Sejati. Bahkan lebih dari itu, Bank Sampoerna juga membagikan keahlian maupun pengetahuan teknis hingga KSP Sahabat Mitra Sejati memiliki kemampuan pengelolaan risiko, manajerial, serta teknologi yang representatif dalam mendukung kegiatan usaha dan dapat bersaing dengan lembaga keuangan lainnya di Indonesia.  
 
Bank Sampoerna sendiri pada akhir tahun 2019 berhasil mencatatkan laba bersih sebesar Rp18,5 miliar dan mengelola dana pihak ketiga sebesar Rp9,7 triliun dengan jumlah pinjaman yang disalurkan mencapai Rp7,8 triliun. Sebesar 61% dari pinjaman yang ada disalurkan ke sektor UMKM. 
 
Tentang KSP Sahabat Mitra Sejati 
Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Sahabat Mitra Sejati mulai melakukan kegiatan operasional sejak 2009. Untuk mendukung pertumbuhan bisnis, sejak 2011 KSP Sahabat Mitra Sejati melakukan sinergi dan kolaborasi bisnis dengan PT Bank Sahabat Sampoerna. Hingga saat ini KSP Sahabat Mitra Sejati memiliki hampir 100 jaringan kantor yang tersebar di seluruh Indonesia. Untuk lebih meningkatkan layanannya, KSP Sahabat Mitra Sejati merupakan koperasi pertama yang memperoleh ijin dari OJK untuk dapat mengakses Sistem Layanan Informasi Keuangan(SLIK) 
 
Tentang Bank Sahabat Sampoerna 
  
Bank Sahabat Sampoerna (Bank Sampoerna) adalah bank swasta yang berfokus pada pengembangan usaha mikro dan UKM. Bank berkantor pusat di Gedung Sampoerna Strategic Square, Jakarta. Bank Sampoerna memiliki  jaringan kantor sebanyak 22 kantor cabang di 17 kota besar di Indonesia. 
 
Bank telah dilengkapi dengan berbagai layanan perbankan seperti ATM yang bekerja sama dengan jaringan PRIMA dan BERSAMA, Internet Banking, Phone Banking serta layanan Call Center di nomor telpon 1 500 035. Disamping itu, Bank Sampoerna juga terus bersinergi dengan Unit Usaha Binaan yaitu Koperasi Simpan Pinjam Sahabat Mitra Sejati (Sahabat UKM). Jaringan kantor Sahabat UKM telah tersebar di 27 provinsi di seluruh Indonesia.  
 
Dengan dukungan dua grup besar pemegang saham, yakni Grup Sampoerna Strategic melalui PT Sampoerna Investama (78,48%) dan Grup Alfa melalui PT Cakrawala Mulia Prima (17,44%). Sebesar 3,11% dan 0,97% kepemilikan dipegang berturut-turut oleh Abakus (Asia Pacific) Pte. Ltd dan Bapak Ekadharmajanto Kasih.
 
Komitmen para Pemegang Saham tidak hanya dalam bentuk pembiayaan dan permodalan, tetapi juga brand value, knowledge dan skill. Grup Sampoerna dengan pengalaman bisnis terbaik dengan cakupan nasional dan global, dipadukan dengan kemampuan dan keunggulan bisnis nasional yang telah ditekuni, serta jaringan yang luas yang dimiliki oleh Grup Alfa melalui perusahaan ritelnya, Bank Sampoerna diharapkan dapat terus berkembang serta berkontribusi secara signifikan di sektor mikro dan UKM.(release)
 

Berita Lainnya

TInggalkan Komentar