Asus
Dukung Kemajuan Teknologi, PDAM Kota Tomohon Berupaya Adakan Sistem GIS-Scada

Kliksulut,Tomohon - Perkembangan Era globalisasi yang pesat sangat berpengaruh terhadap berbagai bidang kehidupan, terutama di bidang teknologi. Kemajuan teknologi yang semakin canggih dan inovatif diciptakan untuk mempermudah pekerjaan manusia dan manfaat positif bagi kehidupan.

 

 

 

Dalam perkembangan teknologi PDAM Kota Tomohon menyadari bahwa sangat perlu untuk membangun dan memanfaatkan teknologi program peta digital dengan sistem komputerisasi.

 

 

 

GIS atau Geographic information system atau system informasi gegografis merupakan suatu alat yang dapat di gunakan untuk mengelola (input, manajemen, dan output) data spesial atau data yang bereferensi geografis.

 

 

 

“GIS dilakukan mengingat data-data jaringan perpipaan dan data pelanggan merupakan salah satu ‘aset’ terbesar PDAM yang berpengaruh besar dalam menunjang kegiatan operasional PDAM serta berkaitan juga dengan Kinerja Perusahaan,” tutur Dirut PDAM Kota Tomohon, Adrian Ngeget diruang kerjanya, Selasa (15/06/2022).

 

 

 

 

Dikatakannya, seluruh data-data jaringan manual di komputerisasi sehingga datanya aman, lebih di dayagunakan, cepat dan akurat dalam pemberian informasi, manfaat kehandalan GIS bagi PDAM diantaranya adalah : Pendataan dan pemetaan seluruh aset jaringan pipa dan acessories yang telah ada, shg memudahkan pengolahan secara akurat dan efisien. 

 

 

 

Memonitor dan mengevaluasi kondisi jaringan dimana data yg di hasilkan dapat membantu dalam penanganan kebocoran dan data tekanan aliran air, Perencanaan pemasangan jaringan pipa baru dan relokasi jaringan pipa, Pembuatan area dan Rute Baca Meter (RBM) serta penelusuran ilegal connection. 

 

 

 

 

“Pendukung kegiatan operasional bagian lain, dimana data data yg ada di GIS dapat di koneksi dan diintegrasikan ke bagian bagian lain seperti ke bagian pelayanan pelanggan, perencanaan, distribusi, litbang, SCADA, dan tentunya PDAM Kota Tomohon akan berusaha mewujudkannya. (Rin)

 

 

 

Berita Lainnya

TInggalkan Komentar