Asus
Rudy Theno Pacu Pencapaian PAD dan EPRA Pemkot Bitung

Kliksulut.com, BITUNG - Pejabat Sekretaris Daerah Kota Bitung, Rudy Theno memimpin rapat evaluasi Pendapatan Asli Daerah (PAD) dan Evaluasi Pengawasan Realisasi Anggaran (EPRA), Selasa (28/6) kemarin tepatnya di ruang Sarundajang kantor Walikota Bitung.

 
Dalam rapat tersebut Rudy Theno membacakan sambutan Wali Kota Bitung Maurits Mantiri.
 
Beberapa poin disampaikan Wali Kota dalam sambutan tersebut. Kata Theno, Pemkot Bitung tuntut untuk bekerja keras dalam upaya menjaga penerimaan PAD tetap stabil dan terserapnya belanja pemerintah secara efektif dan efisien.
 
Namun disisi lain masyarakat tidak boleh terbebani. Belanja Pemerintah harus dipakai sebagai instrumenstumun dalam rangka menggerakkan dan menyeimbangkan perekonomian daerah.
 
"Kepada perangkat daerah terkait harus lebih memampuhkan diri untuk lebih kontributif dalam mengevaluasi langkah-langkah konfrit demi mencapai target strategis yang kita harapkan,"ucap Theno.
 
Sesuai dengan laporan sebelumnya, dikatakan Theno bahwa dari target pajak daerah tahun 2022 sebesar 62,2 Miliar terlisasi sampe tanggal 24 Juni 2022 adalah 27,37 Miliar atau 43,7 % dari target.
 
"Pendekatan identifikasi dan penyesuaian tarif agar terus menerus dilakukan dengan harapan semua potensi PAD benar-benar terdata dengan baik pada tarif yang realistis,"terangnya.
 
Lanjut Theno, PAD sangat penting, sebagai salah satu sumber daya pembangunan daerah yang akan digunakan untuk pembangunan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat.
 
Oleh sebab itu Kata Theno perlu terus digali potensi serta berbagai peluang pendapatan yang dimiliki daerah yang mungkin selama ini blum digarab secara maksimal. 
 
"Terkait penyerapan anggaran kami minta untuk melaksanakan seusuai petunjuk teknis pelaksanaan dan target yang sudah di tetapkan dan jangan ada hambatan yang sumbernya dari internal,"tuturnya.
 
Terkait persoalan pajak dan retribusi untuk Theno menjelaskan PAD ini menjadi tanggung jawab bersama, baik Pemerintah Kota, Kecamatan, dan Kelurahan serta seluru elemen masyarakat Kota Bitung.
 
"Percepatan kerja dalam pelayanan tidak bisa ditunda bahkan harus dipercepat karna semakin tinggi pendapatan asli tingkat Kota, maka semakin maju Kota Bitung tercinta,"jelas Theno.(bry)

Berita Terkait

TInggalkan Komentar