Asus
Komitmen Pemkab Bolsel dalam Pemberantasan Korupsi Mendapat Apresiasi dari Tim Satgas KPK

 

Klik Sulut, Bolsel - Bupati Haji Iskandar Kamaru SPt, MSi dan Wakil Bupati Deddy Abdul Hamid menerima kunjungan tim Satuan Tugas Komisi Pemberantasan Korupsi (Satgas KPK) Wilayah IV dalam rangka kegiatan Piloting Progres Pemberantasan Korupsi (Korsupgah).

Kunjungan tim KPK ini, dilanjutkan dengan pertemuan bersama jajaran pimpinan perangkat daerah di Ruang Rapat Berkah Kantor Bupati, Kawasan Perkantoran Panango, Selasa (11/7).

Dalam pertemuan tersebut, Bupati Iskandar menjelaskan capaian dan progres kegiatan Korsupgah di lingkungan Pemkab Bolsel yang mencakup 8 area. Hingga akhir semester 1 TA 2023, angka Korsupgah mencapai 28,1% secara keseluruhan, sementara pada tingkat Desa TA 2023 mencapai 33,3%. Namun, hasil ini masih menunggu verifikasi dari Kementerian Dalam Negeri.

"Kunjungan tim satgas KPK Wilayah IV ini kami sangat hargai. Kami berharap program yang digagas oleh KPK ini dapat menjadi langkah pencegahan bagi pemangku kepentingan di daerah ini dalam menjalankan tugas dan fungsi mereka dengan jujur dan bertanggung jawab," ucap Kamaru.

Sementara itu, Kepala Satgas Wilayah IV Divisi Koordinasi dan Pengawasan KPK, Wahyudi, mengatakan kunjungan ini dilakukan dalam rangka evaluasi, koordinasi, serta penilaian potensi-potensi yang berisiko menyebabkan kerugian negara. Hal ini bertujuan untuk mengambil langkah-langkah antisipatif dan preventif.

"Ini adalah tugas yang kami jalankan sesuai dengan petunjuk pimpinan KPK. Jadi, jangan diberi maknae lain, di mana kunjungan KPK ke daerah selalu dianggap sebagai kegiatan penindakan," jelas Kasatgas KPK Wahyudi.

Lebih lanjut, Wahyudi menyebutkan terdapat 8 bidang yang menjadi tanggung jawab KPK di daerah tersebut, yaitu Perencanaan dan Pengaggaran APBD, Pengadaan Barang dan Jasa, Perizinan, Penguatan APIP, Manajemen ASN, Optimalisasi Pendapatan Daerah, Keuangan Desa, Manajemen Aset Daerah, serta Tematik .

"Kami sangat mengapresiasi kemajuan MCP atau Korsupgah yang terus dijalankan oleh Pemerintah Daerah Bolmong Selatan," tutupnya. (Adv)

Berita Lainnya

TInggalkan Komentar