Asus
Ketua TP-PKK Boltim Buka Sosialisasi IVA Tes

Foto: Ketua TP PKK Boltim Nursiwin Landjar Dunggio membuka iva tes bertempat di Puskesmas Modayag

BOLTIM—Ketua TP-PKK Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) Ny Nursiwin Landjar Dunggio SAP. Membuka kegiatan sosialisasi deteksi dini kanker rahim Inspeksi Visual Asetat (IVA) TES, di Puskesmas Modayag Kamis (21/2).

Saat membuka kegiatan tersebut, Isteri Bupati Boltim dua periode itu, menyampaikan pentingnya sosialisasi IVA TES, sebab dengan cara sederhana ini ibu-ibu di Boltim sudah bisa mendeteksi kanker rahimnya." Sosialisasi IVA TES ini dilakukan karena dengan cara ini adalah cara sederhana mendeteksi kanker serviks dibanding PAP SMEAR atau pemeriksaan di Prodia yang membutuhkan biaya," ujarnya.

Selain itu Umi Siwin sapaan akrabnya, menyampaikan untuk pelaksanaan sosialisasi kali ini banyak pesertanya, sehingga dengan demikian diartikan bahwa ibu-ibu di Kecamatan Modayag sudah mau sehat."Yang paling penting adalah kesehatan, dan masyarakat Modayag adalah yang paling banyak memeriksakan diri, oleh itu berarti masyarakat Modayag sudah mau sehat," sebutnya.

Ia pun berterima kasih kepada pihak terkait yang turut melaksanakan kegiatan sosialisasi ini."Kegiatan sosialisasi ini terselenggara atas kerjasama dinas kesehatan dan BKKBN provinsi, dan saya ucapkan terimakasih kepada pihak terkait dan seluruh peserta sosialisasi," ucapannya.

Untuk kegiatan sosialisasi seperti ini, diminta kepada TP-PKK tingkat desa agar dimasukan dalam agendanya kata Umi Siwin." Diharapkan agar TP-PKK tingkat desa memasukan dalam agendanya tahun ini untuk sosialisasi IVA TES," sebutnya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Wakil Ketua TP-PKK Boltim Titiek Susanti Gumalangit Mamonto Spd, Kepala BKKBN Provinsi Sulawesi Utara Drs. sugiatna MM , Kepala Dinas Kesehatan Boltim Eko Marsidi, Kepala Dinas KB Ahmad Mulyadi, Kadis Kominfo Hamdi Egam, Camat Modayag Uyun Pangalima, Narasumber dan peserta sosialisasi.(*)

Berita Terkait

TInggalkan Komentar