Asus

 

KLIKSULUT, BOLTIM -- Sebanyak 260 unit Rumah Tidak Layak Huni (RTLH), melalui Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), tahun 2019 ini akan dituntaskan. Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Boltim, Slamet Umbola bahwa untuk penyelesain pembangunan RTLH tahun ini, kita upayakan selesai semua, “Iya, ada 260 unit kita bangun tahun ini,” ujarnya.

 

Menurutnya, 260 RTLH tersebut terdapat di semua kecamatan dan desa di Boltim, diantaranya 71 unit kecamatan Kotabunan, sudah sekitar 31% pembangunan fisik. 53 unit di kecamatan Tutuyan capai 78%. Kecamatan Motongkad 24 unit, sudah 80%. Kecamatan Nuangan ada 15 unit, sekira 30%. Kecamatan Moaat 10 unit, 30%. Kecamatan Modayag 25 unit, 35%. Sedangkan, kecamatan Modayag Barat hanya 10% pekerjaan fisik dari total 62 unit RTLH.

“Jika kita lihat kondisi, kemungkinan ada sejumlah pembangunannya tidak capai 100 persen hingga waktu pekerjaan yang ditentukan. Kalaupun demikian, dipastikan tahun 2020 mendatang akan selesai. Namun begitu, Saya berupaya untuk bagaimana pembangunan ratusan RTLH tersebut, clear dan tuntas tahun ini,” ungkapnya.

Lanjutnya, anggaran per unit RTLH sekitar Rp 27,5 juta. Keterlambatan pembanguna RTLH ini, saya nilai dari pihak ketiga. “Kita sudah lakukan upaya pemanggilan pihak ketiga beberapa kali guna, memberikan petunjuk serta masukan terkait pekerjaan pembangunan RTLH. Tetapi kenyataanya tidak sesuai dengan apa yang sudah dibicarakan sebelumnya. Untuk total pagu anggaran 260 unit RTLH sekitar Rp 7,8 miliar APBD. Pastinya ditahun depan akan diselesaikan. Karena ini asas mafaatnya kepada warga kurang mampu (miskin-red) jadi haris dikejar dan dituntaskan supaya bisa menurunkan angka atau tingkat persentase kemiskinan,” terangnya. (*)

 

 

 

 

Berita Terkait

TInggalkan Komentar