Asus
Gawat Hama UGF Teror Jagung Di Boltim
Foto: Ilustrasi
 
KLIKSULUT, BOLTIM -- Para petani jagung di Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) diminta waspada terhadap teror hama ulat grayak frugiperda (UGF), Hama UGF ini bersifat hama baru. Hama yang berbentuk ulat ini datang setiap awal musim hujan dan cepat penyebarannya.
 
Kepala Bidang tanaman pangan dan holtikultura, Dinas pertanian boltim, Yusni Djangkarang, melalui kepala seksi pangan Pratiwi Mulyadi mengatakan, menjelang musim penghujan, tanaman jagung rawan terkena hama.
 
Menurutnya, hama UGF hanya menyerang tanaman jagung, sehingga itu perlu perhatian khusus, ini karena pengaruh musim hujan. “Hama UGF ini menyerang pucuk tanaman jagung yang baru tumbuh,” ujarnya.
 
Kata Pratiwi, biasanya hama UGF masuk dari benih jagung yang sudah terindikasi telur hama UGF. “Telurnya cepat berkembang, bila tanaman jagung sudah terkena hama, jagung tersebut otomatis rusak,” kata Pratiwi.
 
Namun begitu, Pratiwi katakan, para petani sudah pasti tahu pengendalian apa yang akan dilakukan. "Bila tanaman jagung sudah terindikasi hama, dianjurkan segera menyemprot tanaman menggunakan Insektisida Sidabas," terangnya.
 
Diketahui ada pun populasi serangan hama di boltim baru berkisar 15% di kelompok tani pinobatuan, desa tutuyan, kabupaten boltim.(*)

Berita Lainnya

TInggalkan Komentar