Asus
Bawaslu Sosialisasikan Program Sonsoma

Foto A. Susanto Mamonto

 

KLIKSULUT, BOLTIM – Badan Pengawasan Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Boltim, akan melakukan sosialisasi pengawasan Pemilihan Kepada Daerah (Pilkada) melalui program Sonsoma.Ketua Bawaslu Boltim Harmoko Mando melalui pimpinan Bawaslu Boltim Susanto Mamonto mengatakan, dalam proses pengawasan Pilkada tersebut nantinya akan melalui rencana program ‘Sonsoma’ atau mendatangi langsung masyarakat guna mensosialisasikan. Kata dia, pengawasan Pilkada sangat penting guna mewujudkan proses demokrasi yang berkualitas dan bermartabat.

"Untuk program sonsoma ini sudah kita rencanakan akan dilakukan dalam proses pengawasan paritisipastif dan juga dor to dor. Dimana, pada setiap hajatan, baik itu hajatan besar hingga yang terkecil seperti arisan, akan ada Panwaslu yang meminta waktu sejenak ke tuan hajat, guna mensosialiasikan terkait materi pengawasan Pilkada tahun 2020," kata Santo sapaan akrab Susanto.

Menurutnya, program sonsoma dalam pengawasan Pilkada tersebut akan sangat efektif, mengingat pihaknya akan bertatapan langsung dengan masyarakat sehingga proses pemberian pemahaman bisa berjalan dengan maksimal.

 "Jika masyarakat mengetahui dengan detail proses pengawasan tersebut, maka tentu hasilnya Pilkada kita akan berjalan dengan penuh kualitas," ujarnya. Kepedulian dan keikutsertaan masyarakat dalam Pengawasan partisipatif nanti lanjutnya, akan melahirkan pemimpin daerah yang memiliki integritas.

"Ini merupakan upaya juga dari kami untuk melestarikan budaya local, yang mana keikutsertaan masyarakat di setiap hajatan harus dimaksimalkan," jelasnya. (*)

Berita Lainnya

TInggalkan Komentar