Asus
ODSK Kenakan Baju Kuning di Tulude

KLIKSULUT, MANADO - Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Sulut Steven Kandouw menghadiri pesta Adat Tulude di Tahuna Kabupaten Sangihe.

Kegiatan yang dilaksanakan, Jumat (31/02) didominasi dengan warna kuning. Bahkan, pakaian kebesaran para petinggipun berwarna kuning.

Menariknya, Gubernur Olly bersama Wagub Kandouw mengenakan setelan baju berwarna kuning meski ia adalah Ketua PDIP Sulawesi Utara. Gubernur menghargai keberagaman dan kearifan lokal sehingga baju yang digunakan berwarna kuning.

Pun mengikuti seluruh prosesi kegiatan hingga makan bersama warga dengan menggunakan batok kelapa atau biasa disebut "Tampurung" oleh orang manado.

Sudah menjadi rahasia umum jika hampir dalam semua aktivitas keseharian Olly Dondokambey SE dan Drs Steven Kandouw (OD-SK) selalu mengenakan pakaian ataupun atribut dengan warna khas merah.

Sebagai pengurus PDI-Perjuangan dengan warna kebesaran warna merah, yang sudah mengakar puluhan tahun, memang keduanya pasti akan identik dengan warna yang melambangkan keberanian itu.

Namun pemandangan berbalik 360 derajat justru terlihat saat ODSK dalam kapasitas Gubernur Sulut dan Wakil Gubernur menghadiri upacara Adat Tulude di dua kabupaten kepulauan Sangihe dan Sitaro baru-baru ini.

Pasalnya, ODSK justru tampak enjoy mengenakan pakaian adat Sangihe dan Sitaro dengan warna khas dominan kuning, baik kemeja hingga celana.

Lantas apa tanggapan Steven Kandouw yang merupakan Wakil Ketua Bidang Organisasi sekilgus Ketua Bappilu PDI-Perjuangan Sulut?

"Ini merupakan kearifan lokal yang harus kita jaga dan terus lestarikan," jawab mantan Ketua DPRD Sulut itu. (*)

Berita Lainnya

TInggalkan Komentar