Asus
Bupati Depri Pontoh Ikuti Evaluasi P3DN Barang dan Jasa bersama Presiden Secara Virtual

Kliksulut.com, Bolmut – Bertempat di Ruang kerjanya, di Kantor Bupati Bolaang Mongondow Utara (Bolmut), Desa Boroko, Kecamatan Kaidipang, Selasa (24/5/2022), Bupati Depri Pontoh mengikuti rapat evaluasi Percepatan Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN) pada barang dan jasa bersama Presiden RI Joko Widodo, yang digelar secara virtual.

Rapat evaluasi ini digelar dalam rangka percepatan peningkatan penggunaan produk dalam negeri dan produk usaha mikro, usaha kecil, dan koperasi guna menyukseskan Gera kan Nasional Bangsa Buatan Indonesia (Gernas BBI) pada pelaksanaan pengadaan barang dan jasa pemerintah.

Dikesempatan itu, ada beberapa instruksi Presiden kepada seluruh jajaran hingga pemerintah daerah, diantaranya, menetapkan atau mengubah kebijakan peraturan perundang-undangan untuk mempercepat P3DN dan pemberdayaan usaha mikro, usaha kecil, dan koperasi. Merencanakan, mengalokasikan dan merealisasikan pengadaan barang dan jasa pemerintah yang menggunakan produk dalam negeri, di Kementrian, lembaga, dan pemerintah daerah.

“Khusus untuk kepada daerah baik Gubernur, Bupati dan Walikota se-Indonesia, Presiden menginstruksikan untuk menambahkan layanan pendaftaran bagi pelaku usaha sebagai penyedia barang dan jasa pemerintah (SPSE dan SIKAP) pada mal pelayanan publik daerah, termasuk layanan konsultasi pendaftaran sebagai merchant pada penyelenggara perdagangan melalui sistem elektronik (PPMSE).”

“Mendorong P3DN, usaha mikro, usaha kecil dan koperasi di daerah untuk tayang dalam katalog lokal atau toko daring serta memerintahkan OPD untuk belanja produk dalam negeri melalui katalog lokal atau toko daring. Tentu semua instruksi ini akan dilaksanakan,” tutup Bupati. (feb)

Berita Terkait

TInggalkan Komentar