Asus
KPU Sukses Menggelar Simulasi Pemungutan dan Perhitungan Suara Pemilu 2024 di Bolsel

Kliksulut.com, Bolsel - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel), sukses menggelar simulasi pemungutan dan perhitungan suara Pemilu 2024, yang dilaksanakan, di lapangan Desa Nunuk, Kecamatan Pinolosian, Senin (29/01/2024).

Turut hadir dalam kegiatan ini, para anggota KPU Bolsel, unsur Forkopimda, perwakilan partai politik, dan masyarakat setempat.

Dalam kegiatan simulasi ini dibuka langsung oleh Ketua KPU Bolsel Stenly Kakunsi, dimana ia menyampaikan jika kegiatan ini menjadi tonggak kedua setelah suksesnya simulasi di Kecamatan Tomini.

"Inilah imbauan KPU RI untuk memastikan kelancaran dan keberhasilan Pemilu," ucap Ketua KPU Bolsel.

Sementara itu ditempat yang sama, Ketua Divisi Teknis Penyelenggara KPU Bolsel, Fijey Bumulo menjelaskan bahwa simulasi melibatkan PPK, PPS, KPPS, dan masyarakat secara bersamaan. 

"Pemantapan melibatkan masyarakat adalah inti dari simulasi ini, menjadikannya panduan penting untuk pelaksanaan di tingkat TPS," ujar Fijey.

Dikatakannya lagi, pelaksanaan simulasi tidak hanya menggiring pemilih ke prosedur pemungutan suara, tetapi juga memberikan gambaran nyata. 

"Jadi pemilih yang tercatat di DPT, kami undang untuk mengikuti simulasi, sehingga pemahaman terhadap pelaksanaan pemungutan dan perhitungan suara menjadi optimal," jelasnya.

Perlu diketahui juga, dalam acara tersebut, KPU Bolsel memberikan penjelasan rinci tentang tata cara pencoblosan dan penempatan surat suara, sesuai warna kertas. Tanggal 14 Februari 2024 ditandai sebagai hari pemungutan suara, dimulai pukul 07.00 WIB, diikuti oleh penghitungan surat suara.

KPU Bolsel juga, sebelumnya telah melantik 1533 KPPS yang akan bertugas di TPS, hal ini menandakan langkah awal menuju keberhasilan penyelenggaraan Pemilu 2024 di Bolsel. (***)

Berita Terkait

TInggalkan Komentar