Asus
STY: Seluruh Tim Sangat Kuat! Persiapan Kami Belum Sempurna


Kliksulut,- Sehari sebelum laga Qatar vs Timnas Indonesia, pelatih Shin Tae Yong sempat mengungkapkan persiapan Timnas Indonesia U-23 di pertandingan pembuka Piala Asia U-23 2024, Senin (15/4), tidak sempurna. Apa yang diungkapkan STY saat itu akhirnya terbukti benar, Timnas Indonesia ditekuk Qatar 2-0, saat melakoni debut di Piala Asia U-23 2024 di Stadion Jassim Bin Hamad.

Bermain di Jassim bin Hamad Stadium, Doha, Qatar, Senin (15/4) waktu setempat, Indoensia sedianya bisa merepotkan Qatar. Beberapa serangan tuan rumah bisa mentahkan, plus sesekali mengancam. Salah satu ancaman bisa ditebar Rafael Struick. Sepakannya placing-nya cuma membentur mistar gawang. Namun, Indonesia malah kebobolan jelang babak pertama habis. Penalti didapat Qatar, usai Rizky Ridho melanggar Mahdi Salem Almejaba.

Penalti dinyatakan lewat VAR oleh wasit Ryuji Sato. Khaled Ali Binsabaa kemudian bisa menceploskan bola masuk ke gawang Ernando Ari Sutaryadi. Skor 1-0 di menit ke-45. Skor bertahan hingga jeda. Di awal babak kedua, Indonesia langsung kena apes. Sebab, Ivar Jenner menelan kartu kuning keduanya usai dianggap melanggar Saif Eldeen Hassan. Ivar Jenner diusir wasit, dan Indonesia harus bermain dengan 10 orang dalam situasi tertinggal 0-1.

Tak lama usai bermain dengan 10 orang, Indonesia akhirnya kebobolan lagi. Kali ini Ahmed Al Rawi yang menjebol gawang Ernando, lewat tendangan bebas langsung. Skor 2-0 di menit ke-54. Kembali ke konferensi pers  Senin (15/4),  Shin Tae Yong memuji kekuatan lawan-lawan Indonesia U-23 di Grup A: Qatar, Australia, dan Yordania. "Qatar, Australia, dan Yordan adalah tim yang sangat kompetitif. Terutama Qatar dan Yordania adalah juara dan runner up Piala Asia 2023 pada Januari lalu," ujar Shin Tae Yong.

Pelatih asal Korea Selatan itu lalu menjelaskan situasi di dalam skuad Garuda Muda. Menurut STY, persiapan Timnas U-23 ke Piala Asia U-23 tidak berjalan baik. "Seluruh tim sangat-sangat kuat. Anda tahu Piala Asia U-23 ini bukanlah kalender FIFA, jadi saya tidak bisa mengatakan kami memiliki persiapan yang sempurna," kata STY. Persiapan yang tidak sempurna itu di mata Shin Tae Yong adalah komposisi tim yang tidak benar-benar sesuai keinginannya. Pertandingan pertama melawan Qatar memang krusial bagi Timnas Indonesia U-23. (*)

 
 
 
 
 
 

Berita Terkait

TInggalkan Komentar