Asus
232 CPNS Formasi 2018 Digodok

ABDI NEGARA: Wali Kota, Tatong Bara, menyematkan kartu tanda peserta kepada perwakilan peserta Latsar CPNS.

 

KLIKSULUT, KOTAMOBAGU – Pelatihan Dasar (Latsar) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Formasi Tahun 2018 dimulai. Kegiatan dilaksanakan di Bagas Raya Yadika, Kopandakan II, yang dimulai Senin (9/3) dan akan berlangsung selama 51 hari kerja.

Ketua Panitia Latsar, Sarida Mokoginta, mengatakan Latsar itu dilaksanakan untuk memberikan pengetahuan sekaligus pembentukan wawasan kebangsaan, kepribadian dan etika Pegawai Negeri Sipil, pengetahuan dasar tentang sistem penyelenggaraan pemerintahan negara, bidang tugas dan budaya organisasinya.

“Tujuannya agar ketika menjadi PNS mereka mampu melaksanakan tugas dan perannya sebagai pelayan masyarakat,” kata Sarida.

Kegiatan itu diikuti 232 CPNS yang terdiri 195 peserta Golongan III dan 38 Golongan II. “Mereka dibagi per kelas. Golongan III ada lima kelas, dan Golongan II satu kelas. Kegiatan ini selama 51 hari dengan sistem on off. 20 hari on kampus, dan 31 hari off kampus,” ujar Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) itu.

Wali Kota, Tatong Bara, saat membuka kegiatan itu berharap peserta Latsar CPNS 2018 bisa menjadi penyemangat baru dalam perubahan sistem kerja PNS di era saat ini. “Kalian sudah memilih sebagai pelayan masyarakat, sehingga harus semangat dalam melaksanakan tugas sehari-hari. Mudah-mudahan melalui diklat ini bisa berubah menjadi ASN sejati,” kata wali kota.

Dihadapan para peserta Latsar, wali kota juga mengingatkan soal pentingnya loyalitas dan profesionalisme sebagai seorang abdi negara.

“Jadi PNS itu harus punya tiga modal. Pertama pande sadiki (pintar sedikit), rajin sadiki (sedikit) dan mujur sadiki (sedikit). Jangan juga terlalu pintar dan terlalu rajin, tapi tidak mujur. Kemudian ada tiga yang tidak disukai pimpinan, yaitu tidak mau, tidak tahu dan tidak suka. Mudah-mudahan setelah Latsar ini, kalian benar-benar menjadi seorang abdi negara yang professional, berintegritas dan bertanggungjawab dalam pelaksanaan tugas pelayanan kepada masyarakat, ” sebut wali kota. (*)

Berita Lainnya

TInggalkan Komentar